Pages

Senin, 17 Februari 2014

makalah lengkap roll depan dan roll belakang


KATA PENGANTAR

            Segala puji  syukur penulis panjatkan Tuhan Yang Maha Esa, karena atas petunjuk dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah mata pelajaran  PJOK yang berjudul “Senam Lantai (Rol depan dan Belakang)”.
Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk tugas dari pelajaran PJOK. Dan berkat bantuan dari semua pihak akhirnya penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Dalam kesempatan yang paling baik, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya
Terlepas dari semua kekurangan penulisan makalah ini, baik dalam susunan dan penulisannya yang  salah, penulis memohon maaf dan berharap semoga penulisan makalah ini bermanfaat khususnya kepada saya selaku penulis dan uumnya kepada pembaca yang budiman.
Demikian semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya, dan siswa-siswi  SMA WAHYU MAKASSAR. Apabila ada kesalahan penulis mohon maaf.                                                                                                                             
 Penulis

                                                                                                                                                                                                                       
                       
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………… 1
DAFTAR ISI…………………………………… 2
BAB I
PENDAHULUAN………… ………………….... 4
1.1      Latar belakang……… ………………….. 4
1.2      Rumusan Masalah…………… ………..5
1.3      Tujuan penulisan………………………6
1.4      Manfaat Penulisan………………………….6
         BAB II
 PEMBAHASAN………………………………………  7
2.1      Pengertiansenam……………………………    7
2.2      Sran dan Prarasana senam lantai ……………8
2.3      Pengertian  Roll Depan………………………  10
2.4      Cara Melakukan pemanasan ………………     11                  
2.5      Cara melakukan roll depan ………………    12  
2.6       Kesalahan-kesalahan dalam  melakukan roll depan……..13
2.7      Pengertian roll belakang…………………14
2.8      Cara melakukan roll belakang……..14
     2.8.1 Roll belakang secara umum………………. 14
     2.8.2 Roll belakang perorangan ……………………15
      2.8.3 Roll belakang berpasangan……………………16
2.9      Kesalahan- kesalahan…………………………16
2.10   Modifikasi senam lantai………………………18
BAB III PENUTUP
3.1      Kesimpulan…………………………….20
3.2     Saran……………………………………..21
3.3     Daftar pusaka…………………………….. 23


















BAB I
PENDAHULUAN
1.1       LATAR BELAKANG

Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang cukup diminati dan digeluti banyak orang. Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakan-gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.

Senam lantai sangat populer terutama bagi penyelenggaraan secara massal yang dapat diikuti oleh ribuan peserta bersama-sama. Gerakan-gerakannya dapat dikerjakan secara seragam dan membentuk formasi-formasi yagn menarik dan mengesankan.

Senam lantai  adalah satu bagian dari rumpun senam, sesuai dengan denga istilah lantai, maka gerakan-gerakan senam yang dilakukan di atas yang beralasan matras atau permadani atau sering juga disebut dengan istilah latihan bebas,sebab pada waktu melakukan gerakan atau latihannya pesenam tidak boleh menggunakan alat atau suatu benda.
Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 meter, dan area 1 meter untuk menjaga keamanan dilapisi karpet kenyal setebal 0,045 m. Pria tampil dalam waktu 70 detik dan wanita dengan diiringi musik 90 detik.  Untuk memberikan kesan kepada para wasit dengan rangkaian urutan dari berbagai lompatan, putaran, keseimbnagan dicampur dengan unsur-unsur lonjakan dan akrobatik.

Gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu.
                     
            RUMUSAN MASALAH
1.Apa pengertian rol  depan?
2. Apa pengertian rol  belakang?
3. Bagaimana cara melakukan rol depan?
4. Bagaimana melakukan rol belakang?
5. Apa saja kesalahan gerakan yang dilakukan saat melakukan gerakan rol depan dan belakang ?







    TUJUAN PENULISAN
1        Mengetahui pengertian dari rol  depan.
2. Mengetahui pengertian dari rol  belakang.
3.Mengetahui cara melakukan rol depan.
4. Mengetahui cara melakukan rol belakang.
5 Mengetahui kesalahan gerakan yang dilakukan saat melakukan rol depan dan belakang.
6/Mengetahui kesalahan pada rol belakang dan rol depan
7.Memberikan cara pemanasan sebelum melekukan rol depan dan rol belakang
           
 MANFAAT PENULISAN
Makalah ini dapat digunakan untuk mengkaji tentang senam lantai. Makalah ini juga  digunakan sebagai sumber informasi baru mengenai senam lantai, terkhususnya rol depan dan belakang. Makalah ini juga digunakan sebagai bahan pustaka penelitian.










BAB II
PEMBAHASAN
PENGERTIAN SENAM
Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik.
Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui cirri-ciri senam antara lain:
1.                        Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja
2.                        Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh)
3.                        Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis.
           Sebelum melangkah terlalu jauh kita perlu mengetahui apa itu senam Senam adalah suatu latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, sistematisdengan tujuan membentuk dan mengembangkan keterampilan dan melatih kebugaran jasmani sehingga tubuh menjadi harmonis berikut saran dan prasarana senam lantai.
.   sarana dan perasarana senam lantai
       Sarana dan prasarana olahraga merupakan modal utama dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga, melalui peningkatan ketersediaan fasilitas olahraga yang berkualitas baik dan memadai dalam artian harus di sesuaikan dengan standart keutuhan ruang perorangan.

        Sarana dan prasarana olahraga adalah daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jenis peralatan dan tempat berbentuk bangunan yang di gunakan dalam memenuhi prasaratan yang di tetapkan untuk pelaksanaan program olahraga.

      Fungsi sarana dan prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan suatu kegiatan terutama dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan tempat olahraga dengan benar.
      Dalam membuat penyediaan sarana dan prasarana harus memperhatikan 3 faktor penting di antaranya:
1. Prasarana olahraga
       Untuk menampung kegiatan perlu dibutuhkan prasarana olahraga yang                jumlahnya mencukupi sesuai kebutuhan. Di dalam gegiatan senam lantai di perlukan gedung atau gor olahraga yang luas.
2.Sarana olahraga
       Guna menampung kegiatan olahraga berprestasi maka di perlukan kualitas yang sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing cabang olahraga. Dalam cabang olahraga senam lantai diperlukan matras yang luasnya 12 x 12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.
1.      o Memenuhi standart internasional
o Kualitasbahan dan material harus memenuhi syarat internasional
2.      Pendanaan sarana dan prasarana olahraga
    Untuk menujang faktor diatas perlukan dana yang cukup besar sehinggadapat  disiapkan prasarana yang mencukupi. Minimnya dana akan menyebabkan kurangnya kemampuan unit kerja terkait untuk mefasilitasi kegiatan olahraga
3.      Peniningkatan keadaan sarana dan presarana dapat dilakukan dengan:
1.    Peningkatan persediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai
2.    Peningkatan anggaran dana dibidang olahraga dalam kaitannya untuk pengadaan   sarana dan prasarana.
3.    Peningkatan minat terhadap kegiatan olahraga



SENAM LANTAI TERBAGI ATAS
1.PENGERTIAN ROL DEPAN
Guling ke depan atau guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri
Olah raga roll depan sangat mudah dilakukan dan juga mengasyikan tapi dibalik itu semua jika dilakukan tanpa teknik yang benar maka akan membahayakan keselamatan kita. Berikut ini akan saya paparkan  tata cara melakukan teknik roll depan yang mungkin anda butuh suatu saat nanti, atau ingin mempraktikkannya secara langsung, tapi bisa juga untuk pengetahuan saja.
Sebelum melakukan gerakan inti alangkah baiknya melakukan pemanasan dan pelemasan terlebih dahulu, ini untuk mengantisipasi terjadinya cidera. Bukan hanya olah raga roll saja yang menganjurkan pemanasan sebelum kegiatan inti tapi semua cabang olah raga juga wajib melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan inti, keuntungan pemanasan sebelum olah raga adalah siapnya otot ketika sudah melakukan kegiatan inti, agar otot tidak kaku, detak jantung stabil, meningkatkan suhu tubuh, mencegah resiko cidera , dan agar lebih percaya diri.


Pada dasarnya pemanasan dan pelemasan harus dilakukan secara sistematis dan menjurus / mengarah  pada kegiatan inti.
·   Berikut uraian pemanasan ( streacing );
1.     Berdiri tegak kedua tangan di taruh di bawah dahi kemudian tarik keatas sampai kepala menghadap keatas.
2.    Kepala menunduk dengan kedua tangan di taruh diatas kepala kemudian di tekan kebawah.
3.    Kepala menoleh kesamping kiri kemudian telapak tangan kanan menekan dagu dan sebaliknya.
4.    Mematahkan leher ke arah kanan / kiri dan tangan kiri di atas kepala menarik dengan telapak tengan secara berlahan.
5.    Lengan kanan menyelinap ke tangan kiri / menyelinap di depan dada, kemudian tangan kiri menekan lengan kanan yang lurus di depan dada sampai otot bahu terasa tertarik.
6.    Lengan kanan di tekuk di belakang kepala kemudian tangan kiri menyentuh siku dan di tarik hingga otot bahu terasa  tertarik dan sebaliknya.
7.     Salah satu kaki di angkat ke atas dan ditekuk sambil ditahan dengan kedua tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
8.    Kaki di tekuk kebelakang dengan di tahan tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
9.    Kaki diagkat lurus kedepan dengan ditahan tangan, dilakukan secara bergantian kanan kiri.
10.  Posisi kuda – kuda kedua tangan memeggang kedua lutut sambil menekan, selanjutnya badan serong kanan dan kiri

   CARA MELAKUKAN ROLL DEPAN SECARA UMUM
a.         Mula-mula sikap jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut ke dada, kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm.
b.         Bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala, dagu sampai ke dada
c.         Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok.










Beberapa gambar cara melakukan roll depan
                              
Kesalahan – kesalahan
§   Kedua tangan yang bertumpu tidak dapat
(dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan ujung kaki.
§   Tumpuan salah satu atau keduia tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jauh kesamping.

§   Bahu tidak diletakkkan diatas matras saat tangan dibengkokkan.
§   Saat gerakan berguling ke depan kedua tangan tidak ikut melolak.


 2 .PENGERTIAN ROLL BELAKANG
Senam Lantai Roll Belakang - Senam lantai roll belakang adalah gaya gerakan senam yang dimana posisi badan berguling ke arah belakang badan melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk.nah disini ane akan sedikit memberi informasi tentang beberapa contoh gerakan senam lantai roll belakang. semoga informasi tentang contoh gerakan senam lantai roll belakang bermanfaat.
Senam Lantai Roll Belakang adalah gerakan badan berguling kearah belakang melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk.
Guling ke belakang atau guling ke belakang adalah di mana posisi badan tetap harus membulat, yaitu kaki dilipat, lutut tetap melekat di dada, kepala ditundukkan sampai dagu melekat di dada. Berlawanan arah dengan rol depan.      
 BEBERAPA  CARA MELAKUKAN ROLL BELAKANG
1.Roll belakang secara umum
a.         Sikap permulaan dalam posisi jongkok, kedua tangan di depan dan kaki sedikit rapat
b.         Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang
c.         Pada saat panggul mengenai matras, kedua tangan segera dilipat ke samping telinga dan telapak tangan menghadap ke bagian atas untuk siap menolak.
d.         Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala, dengan dibantu oleh kedua tangan menolak kuat dan kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di atas matras, ke sikap jongkok.
2.Roll Belakang Perseorangan
Cara melakukan :
1)      Berdiri tegap dan kedua tangan diangkat lurus ke atas membentuk huruf ”V”
2)      Lalu pandangan lurus ke depan
3)      Kemudian ikuti dengan menekuk kedua lutut hingga agak jongkok atau setengah jongkok dan tangan lurus kedepan
4)      Lalu gulingkan badan ke belakang dengan tangan siap menyanggah dan memberi dorongan agar mendapat gulingan yang maksimal
5)      Pada saat berguling kaki lurus dan saat menjatuhkan kaki dijatuhkan jauh di atas kepala
6)      Lalu kembali keposisi semula yakni berdiri tegak dengan pandangan mata ke arah depan
3.Roll Belakang Berpasangan
Cara melakukan :
1)      Orang pertama berdiri
2)      Orang kedua tidur terlentang dengan kedua kaki diangkat ke atas
3)      Orang pertama memegang kedua mata kakinya orang yang kedua
4)      Lalu orang pertama menarik sekuat-kuatnya kaki orang yang kedua tersebut agar
5)      mendapat dorongan berguling ke belakang
Kemudian lakukan gulingan secara terus-menerus
 KESALAHAN-KESALAHAN GERAKAN
Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan gerakan guling depan dan belakang adalah sebagai berikut:

a.         Kedua tangan yang bertumpu tidak tepat (dibuka terlalu lebar atau terlalu sempit, terlalu jauh atau terlalu dekat) dengan ujung kaki.
b.         Tumpuan salah satu atau kedua tangan kurang kuat, sehingga keseimbangan badan kurang sempurna dan akibatnya badan jatuh ke samping.
c.         Bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan.
d.         Saat gerakan berguling ke depan kedua tangan tidak ikut menolak.











Gmabar/cara melakukan roll belakang.







Matras yang digunakan dalam senam lantai
 
Matras adalah salah satu sarana utama saat pertandingan maupun saat pembelajaran beladiri karate. Matras digunakan sebagai alas saat kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi adanya kemungkinan cedera bagi para atletnya.

Modifikasi permainan senam lantai
1. Roll depan berpasangan
·         Pemain : 2-5 pasang. Tedak terbatas
·         Peralatan : Tidak mengunakan peralatan
·         Tempat : Gedung atau tempat bermain
·         Permainan : Tujuannyauntuk mengetahui tim yang sampai duluan di finis dengan sukses. Di lakukan secara berpasangan dan orang pertama berdiri dan orang yang kedua berposisi tidur denngan kedua kaki di tekuk, lalu orang pertama memegang mata kaki orang kedua dengan cara membungkuk ban orang kedua pun juga memegang mata kaki orang pertama. Setelah itu dilakukan gulingkan roll depan secara beruritan dan seirama dengan pasangan masing-masing.
·         Sekor : Tim yang sampai duluan menjadi pemenang
·          Variasi : Gunakan pemindahan dalam bentuk lain.
2.  Roll belakanng berpasanngan
·         Pemain : 2-5 pasang orang. Tedak terbatas
·         Peralatan : Tedak mengunakan peralatan.
·          Tempat : Gedung atau tempat bermain
·          Kahlian : Kelenyukan dan kelenturan tubuh
·         Permainan : Tujuannya untuk mengetahui tim yang sampai dahulu di finis dengan sukses. Masing-masing tim berpasangan. Orang pertama berdiri dan orang kedua tidur terlentang dengan kedua kaki diangkat keatas. Orang pertama memegang mata kakinya orang kedua, lalu orang pertama menarik sekkuat-kuatnya kaki orang yang kedua tersebut agar mendapat dorangan berguling ke belakang. Kemudian lakuan guling kebekakang sampai funis.
·         Sekor : Tim yanng sampai duluan menjadi pemenang.
·          Variasi :Gunakan pemindahan dalam benuk lain.





BAB III
PENUTUP

3.1       KESIMPULAN
Senam lantai adalah salah satu jenis olahraga yang cukup diminati dan digeluti banyak orang. Biasanya merupakan nomor pertama dalam pertandingan atas pertimbangan kesempatan bagi para pesenam untuk juga berlaku sebagai pemanasan karena gerakan-gerakannya tidak memerlukan tenaga otot yang luar biasa. Untuk pertama kali nomor ini sebagai nomor perseorangan dalam Olympiade 1932 dan bagi wanita baru 20 tahun kemudian.
Guling ke depan atau guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri
Senam lantai roll belakang adalah gaya gerakan senam yang dimana posisi badan berguling ke arah belakang badan melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk.nah disini ane akan sedikit memberi informasi tentang beberapa contoh gerakan senam lantai roll belakang. semoga informasi tentang contoh gerakan senam lantai roll belakang bermanfaat.
Senam Lantai Roll Belakang adalah gerakan badan berguling kearah belakang melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk.
Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari makalah ini adalah, gerakan roll depan dan belakang adalah bentuk dari senam lantai. Untuk melakukan rol depan dan belakang, dibutuhkan tehnik yang tepat  melakukannya sehingga dapat berhasil dengan baik.
Dalam melakukannya terdapat kesalahan-kesalahan yang membuat kita cedera khususnya anggota gerak, seperti leher dan tengkuk. Kesalahan-kesalahan gerakan harus dihindari dan dipahami sehingga kecelakaan dapat dihindarkan.
3.2       SARAN
 Sebaiknya dalam melakukan geraan-gerakan roll depan dan belakang adalah dengan mengikuti cara-cara dan metode yang telah diberikan dan lebih berhati -hati saat melakukannya. Sehingga kesalahan-kesalahan yang dapat membuat cedera tidak akan terjadi.
Kesehatan merupakan hal penting dalam kehidupan manusia,karena kesehatan  dapat menentukan ketenangan dan kebahagiaan hidup manusia. Oleh karena itu, mempelajari kesehatan dengan berolahraga yang teratur mental adalah penting, apalagi di zaman yang semakin modern ini. Dimana kemajuan ilmu teknologi dan kebudayaan serta industri. Walaupun kemajuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan, kemudahan dan kesenangan manusia, akan tetapi semuanya itu belum dapat menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan jiwa. Semakin maju kebudayaan dan peradaban, semakin komplek pulah masalah dan kebutuhan manusia, sehingga memudah kanmanusia terganggu kesehatannya jika tida bisa mengatur olahraga yang baik.
Catatan ; setelah mempraktikan roll janganlah langsung duduk diam dan kaki di tekuk, saran penulis setelah mempraktikkan roll bisa jalan – jalan biasa agar detak jantung kembali normal barulah istirahat.














DAFTAR PUSTAKA
- Kosasi, Engkos.1983.Olahraga Teknik dan Program Latihan:CV Akademika Pressindo.
-Kamus besar bahasa Indonesia.
-Buku paket penjas.






4 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About